Selasa, 20 Agustus 2013

Review Backpack : Deuter Futura Pro 34 SL

Sejujurnya, yang sayang pengen itu Deuter ACT Lite 35+10 SL. Selain modelnya yang kece menurut saya, backsystemnya juga terlihat empuk di punggung. Ukuran 35+10l menurut saya adalah ukuran standart keril untuk seorang perempuan. Tapi ternyata setelah menimbang - nimbang, bertanya dan sempat menimbulkan perdebatan kecil antara saya, Tata, dan Mas Weldas, akhirnya kami memutuskan untuk membeli Deuter Futura Pro 34 SL saja untuk saya.

Deuter Futura Pro 34 SL

Kenapa Deuter Futura Pro 34 SL?

Pertama, ukuran. Ternyata 34l adalah ukuran yang sudah cukup besar untuk ukuran tas buatan Jerman ini, terlebih untuk saya yang bertubuh mungil begini. Dan benar saja, ketika barang sudah di tangan dan saya coba, punggung saya penuh tertutup oleh tas ini hingga kepala bagian belakang. Sedangkan embel - embel SL dibelakangnya menunjukkan bahwa tas seri ini adalah seri untuk perempuan. SL Women's Fit System, tas ini di desain sesuai dengan tubuh perempuan yang memiliki dada lebih besar dari pada laki - laki juga lebar punggung yang tidak seluas punggung laki - laki. Strap bahu dan pinggulnya juga disesuaikan dengan tubuh perempuan, mudah diatur / digeser sesuai panjang tulang belakang, jadi lebih nyaman ketika dikenakan.

Kedua, backsystem. Seri Futura ini memang tas yang backsystem-nya berjaring. Saya memang suka naik gunung akhir - akhir ini, tapi itu juga tidak terlalu sering. Kadang saya juga melakukan perjalanan kecil dari satu kota ke kota lain. Nah, tas ini menurut saya cocok banget buat hiking, trekking, atau sekedar berkeliling in city gitu. Walau saya akui kalau dipakai in city, tas ini kelihatan cukup besar. Kalau dari semua seri Futura SL, ada 24l sih yang lebih cocok buat dipakai in city, soalnya nggak terlalu besar. Tapi kalau dipakai naik gunung, terlalu kecil buat saya. Nah kan beli tas itu nggak mudah. Hiihii.. Kembali ke backsystem deh ya..

Jaring - jaring pada backsystem-nya bikin punggung selalu adem, setidaknya nggak banyak keringat yang nemplok di punggung karena sirkulasi udara dibuat sedemikian nyamannya. Selain itu, strap pinggulnya berlubang - lubang sebagai ventilasi udara tambahan. Frame-nya sangat kuat kuat. Meski dibebani sembako pretelan barang hingga 20 kg tapi tetap nyaman di bahu, punggung, dan pinggul. Beban jadi nggak begitu berasa berat.


Minusnya, tas ini nggak bisa dimasukin matras di dalemnya karena memang bentuknya yang nggak kotak / bundar seutuhnya. Ya karena ada lekukan di bagian backsystem-nya tadi. Tapi masih bisa diakalin kok, matras taruh di luar tas. Apalagi kalau matrasnya alumunium yang eteng itu. Packingnya lebih mudah, dan tetep compact lah tas nya dalam kondisi apa pun.

tampak dari samping,
tetep keceh! hahaha

Ketiga, harga. Menurut pengalaman beberapa teman yang saya anggap lebih berpengalaman dalam hal tools seperti ini, merk ini termasuk dalam kategori tidak murah tetapi juga tidak mahal, kualitasnya pun tidak diragukan, sudah banyak yang nyobain dan nggak kecewa gitu. Saya pun sependapat, dan sempat membandingkan dengan produk lokal seperti Eiger. Dengan harga yang hampir sama, tetap Deuter yang lebih unggul tentunya.

Seri Futura tersedia dalam tiga varian mulai dari Futura 22 - 32l, Futura pro 34 - 42l, hingga Futura Vario 45-50 +10l untuk perempuan yang berjiwa porter. Jika dibandingkan, model dari ketiga seri Futura ini hampir sama. Bentuk dan jumlah kantong yang ada pun sama jumlahnya. Bedanya di frame bagian belakang saja. Untuk Futura Pro dilengkapi dengan durable spring steel frame yang ringan dan flexibel. Fungsinya menjaga ketegangan jaring - jaringnya. Sedangkan durable spring steel frame Futura Vario selain ringan dan flexible, juga berfungsi mentransfer beban ke strap pinggul.

Berat bersih Deuter Futura Pro 34 SL 1,7 kg. 0,2 kg lebih berat dibanding kedua adiknya 24 SL dan 30 SL yang hanya 1,5 kg saja. Namun tidak seberat Futura Vario yang menyentuh berat bersih 2 kg. Dimensinya pun cukup besar yaitu 67 x 34 x 25 (H x W x D) dalam Cm. Dulu saya memang berencana membeli insert case untuk kamera yang akan saya letakkan dalam tas ini, jadi saya memilih ukuran tas yang sesuai dengan ukuran insert case yang akan saya beli nantinya. Tapi ternyata menaruh insert case kamera dalam tas ini itu kurang praktis, apalagi kalau lagi in city. Bongkar muatnya bikin males banget, sumpah. (--")

Oya, dibagian bawah tas ini sudah terselip rain cover biru bertuliskan Deuter. Tapi sayang, kali pertama diajak jalan sewaktu badai di Merbabu, air hujan merembes sampai bagian luar tas. Bahan rain covernya memang nggak terlalu tebal, bahkan sedikit menerawang. Lalu ketika kesangkut karang di Parangtritis tempo hari, ini rain covernya udah robek aja. Ringkih? Iya. Namanya juga bonusan :p Hahaha.. Saya sih pengen rain cover coozmed warna kuning kayak punya temen saya di wanAdvanture. Sayangnya dari coozmed udah nggak produksi lagi rain cover yang begituan :'(

Dan sejauh saya berteman dengan 34 SL saya merasa puas. Tas ini cocok dan pas buat badan kecil saya. Nyaman di bahu, punggung, juga pinggul. Beban yang tadinya berat banget, berasa lebih ringan. Strap nya mudah diatur, dan tentu backsystemnya nggak bikin keringet nemplok di seluruh punggung. Recomended backpack buat temen - temen perempuan yang suka jalan di gunung atau pun in city gitu. Tinggal pilih - pilih aja sesuai kebutuhan mau dipake untuk apa, dan kemana.


Setidaknya, dengan 34 SL ini saya nggak dikatain lagi begini lagi,
"Kamu mau nyari tas, atau mau cari tempat buat mbungkus diri sendiri?"

Hihi.. Selamat ngemper, dan salam piknik maaaaaaan! :))

7 komentar:

  1. akk pengen nih...kbetulan lg cr pengganti avtech 80L saya -.-" kalau berkenan rekomen tempat beli keril sama matras alufoil dong. trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu beli di tandike, jakarta. tapi saya beli online untuk tasnya. kalau matras alumunium, ada di toko2 outdoor kecil2 begitu, di jogja banyak :)

      Hapus
  2. cucok deh reviewnya.. banyakin review donk ren hehehhe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pinjemin apa gitu buat di review. tenda kek, tas lain kek, alat masak kek.. hahaha :))

      Hapus
  3. Bagus Reviewnya mba, kalo pengin beli tas deuter, Bisa mampir ke Online store saya, www.rizkystore.com, harganya sangat bersahabat ^-^

    BalasHapus
  4. ah, segitu mah tas ibu2 abis pulang pasar :v

    BalasHapus
  5. makasih kak reviewnya kebetulan mau cari deuter aku hehe :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentar :')